Idea

5 Rekomendasi Aplikasi Finansial untuk Millennial

5 rekomendasi aplikasi finansial

Hai millennial, welcome back!. Kali ini saya mau kasih 5 rekomendasi aplikasi finansial buat kamu yang millennial banget. Kata KBBI sih finansial itu sesuatu yang berkaitan dengan keuangan. Jadi, pada artikel ini saya akan rekomendasiin aplikasi-aplikasi yang bisa kamu gunain untuk mengelola uang, menyimpan uang, investasi, dan bertransaksi dengan lebih mudah. Lets start.

Money Lover

Khusus buat kamu yang suka bingung duit gajian habis kemana, merasa hedon tapi ga tahu pastinya habis berapa, dan lain-lain, ini ada aplikasi yang cukup komprehensif (halah.. :D). Aplikasi ini bisa bantu kamu mengatur keuangan, mulai dari mencatat pengeluaran dan pemasukan, budgeting, membuat dream goal, mencatat utang-piutang, dan lain lain. Oiya, jangan anggap pencatatan pengeluaran-pemasukan dan budgeting sepele loo yaaa, karena dua hal tersebut adalah dasar atau langkah paling awal untuk mencapai merdeka finansial. Inget kan ya artikel sebelumnya?

Saya akan highlight dua fitur yang keren dari money lover ya, buat kamu yang udah penasaran terkait fitur lengkapnya bisa cek ke laman resminya di sini. Fitur pertama adalah kita bisa membuat beberapa dompet untuk mencatat pengeluran-pemasukan. Jadi, kamu bisa sesuaikan dengan dompet/rekening bank yang kamu miliki, misal ada rekening BCA, ada Ovo, ada Gopay, dan lain-lain. Dengan fitur ini, kamu bisa tahu pengeluaran kamu dari masing-masing dompet, dan kamu bisa tahu juga pengeluaran kamu secara keseluruhan. Ga ada lagi tuh bingung duit ilang kemana hehe. Oiya, satu lagi, kamu juga bisa punya dompet Goal. Dompet goal itu adalah dompet pintar yang bisa ngingetin kamu bulan ini harus nabung berapa buat mencapai tujuan kamu. Misal kamu wishlist mau beli jam tangan di akhir tahun seharga 2 jt. Nah, dompet goal nanti akan breakdown nominal yang harus kamu tabung perbulan.

5 rekomendasi aplikasi finansial

5 rekomendasi aplikasi finansial

Mari kita lanjut ke fitur berikutnya yaitu trend. Fitur ini memungkinkan kamu buat liat trend dari pengeluaran dan pemasukan kamu, jadi kamu bisa evaluasi. Misal dalam 6 bulan terakhir, loh ini pemasukan ga nambah-nambah kok pengeluaran naik terus yaa. Kalau kamu menemukan ada yang janggal tinggal cek detailnya deh, dan keep improving in financing. Wah ternyata panjang yaa, tpi emang banyak sih fitur-fiturnya, kamu cobain sendiri aja.

Ga heran kan kalau saya masukkan ini di urutan pertama pada daftar 5 rekomendasi aplikasi finansial.

Jenius

Produk finansial dari sebuah bank yang menurut saya merupakan terobosan yang luar biasa. Jenius mengubah cara pandang tentang aplikasi mobile banking. Beneran deh, biasanya kan aplikasi mobile banking itu terkesan ga niat karena alih-alih yang utama adalah keamanan, tapi kalau kamu udah nyoba Jenius, bye deh yang lain. Oiya, buat yang belum tahu, Jenius itu produk perbankan dari BTPN ya. Langsung cek di sini aja buat yang mau daftar. Eiits, ini penting, jangan lupa cek-cek dulu kode referal dari berbagai e-commerce atau yang lainnya buat dapat promo menarik waktu kamu daftar Jenius. Sumvah ini penting hehe.

Apa sih yang fitur-fitur Jenius yang bakal bikin kamu happy? Satu, di sini ga ada biaya administrasi bulanan, iya ga ada sama sekali. Dua, aplikasi mobile banking nya yahuut, tampilannya sangat modern. Tiga, kamu bisa punya banyak kartu, kalau ga salah sampai 5 kartu. Buat apa punya banyak kartu? yaa buat ngatur pengeluaran kamu lah. Empat, setiap kartu jenius adalah VISA debit. Maksudnya gimana? kamu bisa langganan atau beli produk dari luar negeri yang cuma menerima pembayaran VISA/Mastercard dengan mudah. Lima, kamu bisa ubah pin setiap kartu kamu lewat aplikasi, misal mau ambil duit di ATM tapi lupa pin, yaudah reset aja. Terakhir, masih banyak sih tpi ntar panjang hehe, kamu dapat jatah 17 transfer ke bank lain, dan 25 tarik tunai di ATM manapun, gratis jika saldo kamu di atas 10 jt.

Flip

Udah punya Jenius nih, tpi gajian cuma bisa di bank BCA. Duh keluar 6500 dong buat ngirim ke Jenius. Astaga se-misqueeen itukah kamu sampai se-itungan itu haha. Canda-canda, saya juga berat kok ngeluarin duit 6500 sekali transfer ke bank lain, kalau dikali 100 kan jadi banyak. Tapi tenang saudara-saudara, ada Flip. Intinya, sesuai namanya, Flip membantu kamu buat transfer antar bank secara gratis. Tenang, terpercaya kok, sudah diawasi OJK. Tahu OJK kan? oke sip, saya anggap tahu hehe.

5 rekomendasi aplikasi finansialNoh liat, hemat banyak kan.

Stockbit

Sesuai paragraf pembuka di artikel 5 rekomendasi aplikasi finansial ini, dua aplikasi terakhir yang saya rekomendasiin adalah aplikasi untuk investasi ya. Aplikasi pertama adalah Stockbit. Stockbit adalah aplikasi buat kamu yang mulai tertarik atau sudah menyelam ke dunia investasi saham. Udah tahu tentang saham belum? Emmm intinya saham itu bukti kepemilikan dari sebuah bisnis atau perusahaan. Lengkapnya kita bahas lain kali yaa, stay tuned makannya hehe.

Seperti halnya Jenius, Stockbit juga mengubah cara pandang kita tentang aplikasi jual-beli saham, yang tadinya aplikasi ga manusiawi menjadi sangat user friendly. Selain itu, walaupun kamu belum tertarik atau belum tahu apa-apa tentang dunia investasi saham, kamu bisa belajar atau mengikuti forum-forumnya. Kamu juga bisa coba akun demonya untuk jual-beli. Oiya terkait forum, kalau kamu sudah daftar nanti, tetep pinter-pinter filter informasi yaa. Ini salah satu pengguna Stockbit yang saya rekomendasikan untuk diikuti kalau kamu sudah daftar Stockbit, Joeliardi Sunendar.

Bareksa

Uuuh panjang yaa, tenang-tenang ini terakhir kok. Bareksa adalah platform investasi reksadana yang cukup terkenal. Reksadana adalah satu satu instrumen investasi yang menghimpun dana atau modal dari investor, kita semua, yang kemudian akan diinvestasikan oleh manager investasi profesional ke komponen-komponen investasi. Jadi, buat kamu yang pengen investasi saham tapi takut karena pengetahuan belum cukup, kamu bisa mulai dengan investasi reksadana.

 

Yaudah sekian dulu sharing-sharing nya semoga bermanfaat yaaa. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Boleh loh tinggalin pesan di kolom komentar ^^

 

Leave a Response