Sesungguhnya tak ada yang mudah di dunia ini, apalagi bisnis. Pertama kali denger aja udah merasa bingung dan takut kalau disuruh memulainya. Namun, beruntungnya saya karena menemukan video dari Deddy Corbuzier, yang katanya Father of Indonesian Youtuber, tentang bisnis mudah yang menjanjikan. Videonya sangat menginspirasi, jadi tau cara mudah memulai bisnis yang menjanjikan. Bener-bener cuma modal sosial media dan kata-kata manis. Jadi, ayo sama-sama mulai mencari penghasilan-penghasilan pasif buat mencapai financial freedom.

Smart people, itulah sebutan dari om deddy untuk para subscriber-nya dan memang benar semua konten-kontennya menuntun kita untuk menjadi orang yang cerdas dan mau lebih logis dalam menjalani hidup. Salah satunya sebuah inspirasi tentang bisnis yang sebenarnya bukan hal yang baru di dunia, afiliasi. Bisnis ini merupakan sebuah strategi marketing yang sudah umum digunakan, namun kebanyakan dari kita belum tau kalau bisa dimanfaatkan untuk membangung penghasilan pasif. Inilah saatnya generasi millennial menjadi smart people, smart dalam mengambil keuntungan dari kemajuan teknologi.

Afiliasi merupakan strategi marketing yang memanfaatkan kekuatan jaringan sosial untuk mengiklankan produknya. Saat ini, jaringan sosial itu sudah pindah ke ranah digital dan tentunya cakupannya lebih luas. Cara kerjanya cukup sederhana, kita cukup menyarankan sebuah produk kepada teman dan akan mendapat komisi jika teman kita membeli produk yang kita sarankan. Ya sesederhana itu. Oleh karena itu, ini merupakan cara mudah memulai bisnis yang menjanjikan ditambah lagi kita tidak perlu modal membeli barang dari distributor, biaya pengapakan, gaji karyawan, dan lain-lain. Kita hanya perlu “berdiri” di antara penjual dan pembeli. Ya, kita adalah perantara iklan sehingga kita pantas mendapat imbalan, dan itulah yang saya tekankan sebagai sebuah peluang.

Baru-baru ini salah satu ecommerce yang sangat terkenal, Tokopedia, meluncurkan program afiliasinya. Inilah saatnya kita mengambil peluang untuk memulai bisnis afiliasi. Afiliasi dari Tokopedia diberi nama Tokopedia by Me. Untuk memulainya, kamu cukup mendaftarkan diri lewat aplikasi mobile Tokopedia, memilih barang-barang yang kamu suka, bandingkan komisinya, kemudian kamu tinggal membuat kata-kata rekomendasi. Setelah itu, langkah yang harus kamu lakukan adalah menyebar luaskan profile kamu yang berisi barang-barang yang kamu rekomendasikan kepada teman-teman kamu atau follower-follower media sosial kamu. Mudah kan, mulai aja dulu.

Semoga ke depan makin banyak ecommerce di Indonesia yang membuka program afiliasinya sehingga kita seolah-olah memiliki banyak barang di berbagai toko online Indonesia, seru banget kan. Oiya jangan lupa di follow yah tokopedia.by/rahmanadianto.

Author

Perfection-obsessed Software Engineer.

Write A Comment