Notion itu apa sih? Notion adalah sebuah aplikasi workspace yang sangat lengkap. Workspace adalah sekumpulan informasi yang disusun sesuai kebutuhan dan terorganisasi dengan baik. Teman-teman bisa membangun workspace dari bagian-bagian “lego” yang disediakan Notion, the possibility is limitless. Artikel ini disusun sebagai panduan awal cara mudah menggunakan Notion agar teman-teman bisa mulai membuat workspace yang mendukung produktivias.

Tipe Akun Notion

Notion tersedia secara gratis dan bisa teman-teman gunakan selamanya, namun demikian Notion juga menyediakan versi berbayar dengan beberapa kelebihan. Berikut tipe-tipe akun pada Notion.

  1. Personal (Gratis)
  2. Personal Pro (4 USD per bulan)
  3. Team (8 USD per member per bulan)
  4. Notion for Education (Gratis untuk Guru dan Murid)
  5. Enterprise (Harga khusus untuk korporat)

Silakan mengunjugi website Notion kemudian klik bagian “Pricing” untuk mengetahui perbandingan setiap tipe akun Notion.

Mulai Menggunakan Notion

Notion dapat digunakan dalam beberapa platform yang berbeda. Ada Notion versi Desktop (Mac/Windows), ada Notion versi mobile (Android/iOS), ada juga versi website. Pada tutorial ini kita akan menggunakan versi Dekstop. Berikut langkah-langkahnya.

✅ Buka website Notion pada browser, misal Chrome
✅ Klik “Sign Up” pada bagian menu
✅ Selesaikan proses pendaftaran
✅ Unduh Notion versi Desktop
✅ Hore, Notion siap digunakan

Mengenal Bagian-Bagian Notion

Teman-teman bisa memandang Notion sebagai sebuah lego. Secara hierarki, Notion memiliki struktur yang terdiri dari workspace, page, dan block. Workspace terdiri dari beberapa pages, dan page terdiri dari beberapa blocks. Block adalah unit terkecil dari Notion yang memiliki beragam tipe sesuai fungsinya, seperti block Text, block Image, block Quote, dan lain-lain.

cara mudah menggunakan notion
Navigasi Notion

Gambar di atas adalah contoh struktur Notion. Templates adalah nama sebuah workspace. Seperti terlihat pada gambar, workspace tersebut terdiri dari beberapa pages, Simple To Do List, Eisenhower Matrix, Travel Journal, The Workspace, dan Get In Touch. Sampai di sini ada yang terasa familiar? Ya benar, strukturnya seperti File System pada komputer teman-teman. Page bisa juga dianggap sebagai sebuah folder, artinya teman-teman bisa menambahkan page ke dalam page lain.

Untuk membuat sebuah page, teman-teman bisa klik +Add a page kemudian akan muncul tampilan sebagai berikut. Sebagai contoh, page baru ini kita beri nama Page Baru.

Halaman kosong pada Notion (Dark Mode)

Mulai dari sini teman-teman bisa mulai mengisi page dengan berbagai block yang tersedia. Teman-teman bisa menekan tombol / pada keyboard untuk memilih tipe block yang diinginkan. Notion akan memunculkan pilihan block yang sangat beragam.

Cara Mudah Menggunakan Notion Blocks

Setelah mengenal Notion dan strukturnya, yuk kita bahas lebih dalam mengenai tipe-tipe block yang disediakan Notion.

Block Basic
Kelompok ini terdiri dari block-block yang bersifat dasar atau umum. Umum tersedia pada aplikasi-palikasi notes lainnya. Misalnya, membuat teks heading untuk judul, membuat bullet-numbering, membuat cek-lis, dan lain-lain.

cara mudah menggunakan notion

Block Inline
Kelompok ini terdiri dari block-block yang bisa disisipkan pada sebuah teks. Misalnya, kita mau menyisipkan sebuah tanggal, menyisipkan emoji, hingga menyisipkan sebuah persamaan matematika pada sebuah kalimat.

Notion inline equation

Block Media
Kelompok ini terdiri dari block-block untuk menyisipkan media pada page kita. Block-block pada kelompok ini cukup seru untuk dieksplor. Teman-teman bisa menyisipkan video, suara, file, dan lain-lain yang bisa langsung dilihat dari page tersebut. Misalnya, kita bisa menyisipkan video dari youtube. Video tersebut bisa kita putar langsung dari Notion. Pokoknya keren deh.

Block Embeds
Kelompok ini terdari block-block yang memiliki fungsi mirip dengan block media hanya saya memiliki kaitan dengan integrasi dengan sistem diluar Notion. Misalnya, kita bisa menyisipkan sebuah map dari Google Map, kita bisa menyisipkan sebuah twit dari influencer favorit, kita bisa juga menyisipkan Google Drive.

cara mudah menggunakan notion

Block Database
Kelompok ini merupakan tipe block yang cukup rumit namun akan sangat berguna jika sudah menguasainya. Kita perlu tahu konsep tenang basis data / tabel dan relasi antar tabel. Kita bahas lebih dalam di artikel lain ya. Kepoin terus.

Block Advanced
Kelompok ini adalah tipe block pelengkap, seperti menambahkan table of content dari page kita.

cara mudah menggunakan notion

Sampai di sini udah kebayang kan betapa banyak kemungkinan “lego” yang bisa disusun dari block-block yang disediakan Notion? Kalau penasaran, bisa langsung cek artikel-artikel Notion lainnya dari blog ini yaa.

Author

HTML

Write A Comment