Rich Dad Poor Dad adalah sebuah buku karangan Robert Kiyosaki yang memberikan pengetahuan mendasar terkait finansial melalui sebuah cerita yang inspiratif. Belajar literasi finansial, itulah intisari dari buku tersebut. Lalu, apa itu literasi finansial dan kenapa penting? Literasi finansial itu pengetahuan untuk membedakan aset dan liabilitas, atau yang bisa dikenal dengan utang, walaupun tidak terbatas pada itu. Pengetahuan ini menjadi sangat penting karena menjadi alat untuk menghindari rat-race.

Rate-race adalah salah satu terminologi cukup menarik untuk menggambarkan kehidupan yang dianggap “lumrah”. Kebanyakan orang menjalani kehidupan berdasarkan ketakutan dan keinginan. Ketakutan, fear, tidak bisa memenuhi kebutuhan membuat kita bekerja. Setelah bekerja dan mendapatkan penghasilan maka muncul keinginan, desire, untuk membeli ini dan itu. Siklus ini kemudian berulang terus menerus dan terasa seperti kejar-kejaran. Hal inilah yang disebut dengan rat-race.

Baca juga : Nasihat Finansial yang Sering Dilupakan

Tentu saja kita tidak ingin terjebak di rat-race seperti yang dijelaskan sebelumnya. Lalu apa yang harus kita lakukan? Belajar literasi finansial. Mari kita mulai dengan memperhatikan ilustrasi berikut ini.

belajar literasi finansial
Macam-macam cash-flow

Gambar di atas menunjukkan perbedaan aliran uang, cash flow, dari tiga kelompok orang. Perlu diingat bahwa POOR tidak terbatas pada kondisi ekonomi seseorang, melainkan pada cara seseorang mengelola keungan. Mari kita bahas satu persatu.

POOR

Kelompok ini adalah kumpulan orang yang tidak tahu atau tidak mau tahu tentang balance sheet. Mereka fokus pada pemasukan dan pengeluaran.

MIDDLE CLAS

Kelompok ini adalah kumpulan orang yang rentan terjebak dalam rat-race karena salah menilai sesuatu yang sebenarnya liabilitas namun dianggap sebagai aset. Sebuah barang tentu saja tidak bisa secara mutlak disebut sebagai aset maupun liabilitas. Semua itu tergantung dari orang yang memilikinya. Oleh karena itu, kita harus selalu mengembalikan kepada diri sendiri bukan membandingkan dengan orang lain.

Agar lebih jelas mari kita ambil contoh sebuah mobil. Mobil adalah sebuah aset bagi seorang pengusaha rental mobil karena akan memberikan pemasukan dari jasa yang dia berikan. Namun, bagi orang lain mobil mungkin saja bukan aset karena nilainya terus turun seiring waktu dan memakan banyak biaya. Biaya pemeliharaan setiap bulan, biaya bensin, biaya pajak setiap tahun, dan lain-lain.

RICH

Kelompok ini adalah kumpulan orang yang bisa mengendalikan fear & desire. Mereka mampu memilah dengan baik mana aset dan mana liabilitas. Mereka mendapatkan kebutuhan dan keinginan dengan aset yang dimiliki, bukan dengan menciptakan liabilitas.

Dari semua penjelasan sebelumnya kita dapat menarik kesimpulan sederhana dari aset dan liabilitas. Aset adalah apapun yang mendatangkan pemasukan pada income statement, sedangkan liabilitas adalah apapun yang menggerus atau menjadi beban dari income statement.

Jadi mau pilih cash-flow yang mana? The choice is yours.


Buat kamu yang mau mulai membangun aset bisa mulai dengan investasi reksadana. Investasi dimana? Di aplikasi Bibit aja. Jangan lupa pakai kode referal rhmnad kalau mau cashback RP25.0000 🙂

Author

HTML

Write A Comment