Idea

Memulai Bisnis Jasa Titip (Why Not?)

Memulai bisnis jasa titip. Instagram merupakan sosial media yang paling sering digunakan millenial saat ini. Selain sering digunakan, tentunya seringnya lupa waktu kalo sudah main instagram. Nah daripada scroll-scroll instagram yang kurang jelas kebermanfaatannya, mending kita memaksimalkan penggunaan instagram. Salah satunya ya dengan membuka bisnis jasa titip.

Apa sih bisnis jasa titip itu? Bisnis jasa titip merupakan bisnis yang menjual jasa, jasanya disini berupa jasa titip beli terhadap barang. Sampai di sini ga bingung kan ya? Nah, kenapa sih harus pake jasa titip? Pengen tau ga kenapa? Karena untuk beli barang-barang (baju, hijab, dsb) dengan merk-merk tertentu itu kadang rebutan. Iya kalian ga salah baca, rebutan cuy. Selain rebutan, bisnis jasa titip ini juga muncul karena beberapa barang yang kadang tidak ada di Indonesia, atau harga barang akan lebih murah jika dibeli di luar negeri. Nah makanya muncullah bisnis-bisnis jasa titip ini.

Bagaimana cara memulai bisnis jasa titip ini? (Tips-tips ini berdasarkan pengalaman pribadi ya guys).

Hal paling pertama banget adalah niat. Iya niat. Bisnis sesimple jasa titip harus diniatin. Diniatin nyari duit biar berkah, berkah usahanya dan berkah rejekinya gitu. (aseeeek).

Setelah niat, selanjutnya kalian perlu buat akun instagram baru. Akun instagram baru ini biar fokus aja sih ke postingan-postingan jasa titip kalian. Dalam pembuatan akun baru tentunya kalian harus menentukan nama akun itu. Nah untuk contoh akun-akun jasa titip kalian bisa liat di sini.

Niat udah, bikin akun udah, terus cara marketingnya gimana? Nah ini butuh ketelatenan. Marketingnya kalian bisa mulai dengan komen-komen di akun instagram online shopping kalau kalian buka jasa titip untuk barang di online shopping tersebut. Jangan lupa untuk mematok harga. Misal 10% dari harga barang atau 15rb per barang atau 100rb per barang atau sesuka kalian. Dalam menentukan harga jangan lupa dipikirkan biaya ongkir yang akan kalian tanggung di setiap pembelian barang di online shop.

Nah, biasanya netijen-netijen instagram atau para calon customer akan lebih suka transaksi via e-commerce. Misal gini nih, kalian jastip di online shopping heaven lights, kemudian orang-orang yang udah jastip ke kalian akan bertransaksi via shopee atau bukalapak atau tokopedia. Customer akan merasa aman jika transaksinya via e-commerce, selain terjamin keamanannya, kadang mereka juga bisa dapat subsidi ongkir. So, the next step adalah kalian buka toko di e-commerce.

Kalo misal udah dapat customer yang mau jastip di kalian, langkah selanjutnya adalah hunger games, alias rebutan order sesuai dengan waktu yang telah ditentukan online shop. Kalau misal nih, apesnya kalian ga dapet barang titipan customer, jangan bersedih hati dan malah jangan nyerah guys. Expert itu dimulai dari beginner kan, dan beginner ga selalu sukses. Jadi coba lagi terus ajaa. Bisnis jasa titip ini kalau ditelatenin akan lumayan untuk nambah uang jajan loh. So, mulai aja dulu ye kan?

Leave a Response